Senin, 03 Januari 2011

SOCIAL MEDIA

Social media menurut Wikipedia adalah konten daring yang dibuat oleh pengguna dengan memanfaatkan teknologi publikasi yang mudah diakses. Gamblangnya, social media adalah bagaimana orang menemukan, membaca, membagi berita, informasi, dan konten. Yang semula bersifat monolog menjadi dialog, mendemokratisasikan informasi, dan membuat orang yang semula hanya sekedar pembaca konten menjadi penyumbang konten.
Bentukan teknologi yang memudahkan orang untuk menjadi penyumbang konten di ranah maya sangat beragam, di antaranya adalah sebagai berikut:
Blog
Blog merupakan media yang benar-benar dimiliki oleh individu. Setiap individu bebas menulis apapun yang dipikirkannya. Demokratisasi informasi benar-benar terwujud dalam blog. Kalau memang benar-benar awam tentang blog, lebih baik baca dulu tulisan di laman ini.
Microblog
Microblog merupakan penyampaian pesan yang hemat, karena hanya 140 karakter. Isinya harus singkat dan informatif. Di Indonesia, yang populer saat ini Twitter dan Plurk. Lebih rinci tentang microblog bisa dibaca di tulisan terdahulu di laman ini dan ini.
Foto, gambar, vidcast, dan podcast
Informasi tak harus berupa teks. Bisa berupa gambar, jepretan foto, atau rekaman video dan audio. Setiap orang punya kesempatan untuk mempublikasikannya melalui Flickr, DeviantArt, YouTube, atau di dalam blognya sendiri.
Jejaring sosial dan aplikasinya
Melalui situs jejaring sosial, setiap individu bisa mencari teman baru, menemukan teman lama, berbagi informasi terakhir, mengirimkan komentar, foto, gambar, video, dll. Situs seperti Facebook bahkan memungkinkan penggunanya membuat atau menginstalasi aplikasi terpisah yang bisa memperkaya profil dirinya. Banyak info tentang jejaring sosial di blog ini, salah satunya di laman ini.
Internet forum
Bisa dibilang internet forum adalah generasi awal social media, sebelum kita mengenal jejaring sosial. Melalui forum ini, setiap orang bebas menyampaikan pendapatnya dalam kategori-kategori yang sudah ditentukan. Lebih rinci tentang internet forum bisa dibaca di tulisan terdahulu di laman ini.
Dalam perkembangannya, di Indonesia muncullah situs seperti Politikana dan Ngerumpi yang menggabungkan konsep blog, jejaring sosial, dan forum.
Kalau sempat membeli buku E-Narcism dan F-Marketing, bahasan lebih dalam tentang media blog,microblog, situs berbagi video dan audio, internet forum, jejaring sosial bisa dibaca di sana.
Microsite
Microsite dibangun oleh brand dengan fungsi yang beragam tergantung objektif kampanye brand . Ada yang sekedar untuk membangun awareness, ada pula yang lebih kompleks karena berusaha membangun komunitas pecinta brand di situs itu. Lebih rinci tentang microsite bisa dibaca di tulisan terdahulu di laman ini.
Widget
Widget adalah suatu elemen yang disediakan oleh pihak eksternal, yang bisa dipasang dengan mudah di situs Anda sendiri. Yang biasanya orang gunakan adalah shoutbox, atau AdSense, atau cuplikan buku-buku favorit dari Amazon, misalnya. Umumnya hal ini bisa dengan mudah dilakukan dengan copy and pasteHTML yang diberikan pihak eksternal ke dalam website atau blog miliknya.
Dalam perkembangannya, widget kini menjadi semacam situs mini. Kita bahkan semakin bisa mengkustomisasinya sesuai kebutuhan kita. Kini kita bahkan bisa membuat widget sendiri dari beragam informasi yang didapat di internet. Coba saja Clearspring atau Widgetbox kalau ingin eksperimentasi. Salah satu contoh implementasinya bisa dilihat di laman iniini, atau ini.
Social bookmark
Di luar penggunaan social bookmark seperti Delicious dan Digg sangat populer. Kita bisa melihat situs-situs apa saja yang orang lain bookmark, sehingga kita bisa melihat kegemaran orang tersebut. Kita juga bisa melihat tren yang kini populer dibaca orang apa saja. Di Indonesia sendiri, ada satu layanan social bookmark yang cukup banyak penggunanya, yakni Lintas Berita.
Wiki
Wiki yang terkenal jelaslah Wikipedia yang berisikan kolektifitas informasi yang ditulis oleh ribuan orang di seluruh dunia. Media wiki itu sendiri merupakan media kolaborasi, yang bisa digunakan bersama-sama oleh kelompok tertentu atau terbuka untuk umum. Wikipedia sendiri bersifat ilmiah, dan setiap orang bisa mengoreksi catatan kesalahan yang dibuat pengguna lainnya. Wiki bisa menjadi media untuk berkolaborasi mengerjakan informasi tentang suatu kelompok yang bisa dipakai oleh anggota lain di kelompok tersebut.
Dunia virtual
Berkembangnya teknologi permainan di ranah daring semakin memungkinkan kita hidup di dunia virtual, yang direpresentasikan oleh seorang avatar. Salah satu yang populer karena terbuka untuk dikembangkan dengan memanfaatkan platform yang sudah ada adalah Second Life. Jutaan pengguna berinteraksi di dalamnya, dari sekedar berjalan-jalan, hingga mengikuti seminar daring di dalamnya. Di luar itu media-media permainan daring seperti World of Warcraft atau RF Online menjadi titik bertemunya ratusan ribu pemain dari seluruh dunia. Di dalamnya, selain sekedar bermain, mereka berinteraksi sosial melalui percakapan, bekerja sama menyelesaikan suatu tugas, hingga membantai monster bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar